Jumat, 12 Desember 2008

Akademik

Akademik

Pendidikan merupakan hal penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap diri penting karena menjadi bagian dari sistem masyarakat yang mempunyai andil pada bentukkan wajah dunia.
Era globalisasi - yang ditandai dengan derasnya arus informasi serta melonggarnya batas antar negara karena kemudahan akses informasi antar negara secara global - menghentak kesadaran perlunya SDM berkualitas yang mempunyai prinsip aqidah kuat serta mampu mengelola tantangan zaman secara cerdas dan berperspektif internasional.
Perguruan Al-Misbah berusaha menjawab tantangan zaman dengan menyelenggarakan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Setingkat Sekolah Dasar) dengan menerapkan sistem pendidikan terintegrasi berperspektif nasional.
Mempunyai motto pendidikan sepanjang hayat untuk menjadi manusia spiritual. Berusaha mendidik anak menjadi mandiri dengan perspektif spiritual dan global.

I. Beberapa keunggulan MIM Al-Misbah di bidang Akademik :
Sistem pendidikan di MIM-Al-Misbah terintegrasi dan berperspektif nasional dengan karakteristik :
1. Paradigma spiritual meliputi seluruh aspek pembelajaran
2. Mencermati serta memahami potensi multiple intelligence pada diri anak dalam proses pembelajaran
3. Menerapkan sistem pembelajaran yang menyeluruh, meliputi aspek intelectual, emotional, physical dan spiritual.
4. Mengikut sertakan keterlibatan orang tua dalam pendidikan di rumah.
5. Menanamkan wawasan anak untuk mengarah ke perspektif internasional tanpa harus kehilangan identitas lokal mereka.
6. Mengasah ketrampilan belajar anak yang meliputi :
1. Self management skill
2. Thinking skill
3. Research skill
4. Problem solving skill
5. Communication skill
6. Social skill
7. Spiritual skill.
Menghantarkan siswa mendapatkan transformasi karakter diri yang tertuang dalam Student Profile, antara lain :

1. Taqwa : mempunyai kemampuan untuk menerapkan semua aturan agama dalam aktivitas sehari-hari serta menjauhi larangan agama." Sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa"

2. Visioner : punya niat yang benar, berorientasi kemasadepanan, berprinsip, bermisi kebaikan, pembelajar tangguh."Carilah dari apa yang dianugerahkan Allah untuk meraih kehidupan akhirat dan janganlah kamu lupakan bagianmu dari kenikmatan dunia" ( Al Qashash : 77)

3. Thinker : melatih inisiatif dalam menerapkan ketrampilan berfikir ( berdasarkan Al Qur'an) untuk membuat keputusan yang benar dan untuk menyelesaikan masalah-masalah kompleks untuk kehidupan yang lebih baik." Dan apakah mereka tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi dan segala sesuatu yang diciptakan Allah, dan kemungkinan telah dekatnya kebinasaan mereka? Maka kepada berita manakah lagi mereka akan beriman sesudah Al Qur'an itu?" ( QS Al Araf (7):185)

4. Responsbility : mempunyai kemampuan untuk jujur, ikhlas, bertanggung jawab secara personal, sosial, kultural dan spiritual. "Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya" ( QS Al Muddatshir 74 : 38 )

5. Though : mempunyai kemampuan untuk berdaya tahan fisik dan mental secara prima, sabar." Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman." ( QS Ali Imran (3) : 139 )

6. Independent : mempunyai kemampuan bekerja secara mandiri, tidak bergantung secara parasitisme pada orang lain Katakanlah : "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing." Maka Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.

7। Dicipline : mempunyai kemampuan menghargai waktu, mempunyai kontrol diri, taat aturan." Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran" (QS Al Ashr (103) : 1-3)

8. Creative-Innovative : Mempunyai kemampuan menghasilkan suatu kreasi dan ide untuk menghasilsesuatu yang baru. " Dan Ya'qub berkata : "Hai anak-anakku janganlah kamu (bersama-sama) masuk dari satu pintu gerbang, dan masuklah dari pintu-pintu gerbang yang berlain-lain" (QS Yusuf (12) : 67 )

9. Communicator : Mempunyai kemampuan untuk menerima dan mengekspresikan ide dan informasi yang benar dengan percaya diri dalam bahasa lebih dari satu, termasuk bahasa simbol matematis. " Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS An Nahl (16) : 125 )

10. Pro active : Mempunyai kepekaan sosial, cekatan, tanggap dan beremphati." (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan ( kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS Ali Imran (3) : 134)

11. Patriotic : Mempunyai kemampuan untuk menjaga, membela, dan mengelola karunia Allah dalam konteks seluas-luasnya (pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dunia), sesuai dengan nilai-nilai agama." Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul ( Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. ( QS Al Anfal (8) : 27 )

8. Siswa mendapatkan pelajaran dan bimbingan ibadah praktis (doa-doa sehari-hari , sholat, makan secara islami dan sebagainya)
9. Tugas perkembangan anak untuk keakademisan, tuntas di sekolah.